SMAN1 Juwana

Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel


Selamat datang di SMA Negeri 1 Juwana-Pati-Jawa Tengah

Disini >

Pada hari Selasa, tanggal 16 Desember 2014, SMA Negeri 1 Juwana mengadakan kegiatan kemah di Taman Sardi, Kudus. Perkemahan tersebut diadakan selama tiga hari yaitu dari tanggal 16-18 Desember 2014. Semua peserta yang mengikuti terdiri dari seluruh siswa kelas X, pembina, bantara, dan guru pembimbing. Kemah ini diadakan guna mengenalkan alam kepada seluruh siswa kelas X yang mengikuti kegiatan pramuka.

 

Pada hari pertama, tanggal 16 Desember 2014, pada pukul 07.00-08.00 seluruh peserta telah bersiap-siap untuk berangkat.Sebelumnya, para peserta telah diberitahu apa saja yang harus dipersiapkan dan tempat keberangkatn. Agar lebih mudah, lapangan terminal Juwana dipilih sebagai tempat keberangkan peserta. Selain itu, setiap peserta harus memakai seragam pramuka lengkap. Untuk transportasi, SMA Negeri 1 Juwana menyiapkan kendaraan yang telah disewa, namun juga ada peserta yang menggunakan kendaraan pribadi.

 

Setelah kurang lebih dua jam, akhirnya rombongan peserta kemah telah sampai di Bumi Perkemahan Taman Sardi. Sebelum istirahat, para peserta yang terdiri dari kelas X harus mencari tempat sangga masing-masing untuk mendirikan tenda. Lalu, mereka juga harus mengambil barang yang disimpan di gudang penyimpanan. Karena telah melakukan perjalanan panjang, mereka terlihat sangat kelelahan. Akan tetapi, setelah melihat keindahan alam Taman Sardi, rasa lelah itu hilang seketika.

 

Dalam kegiatan kemah kali ini, telah diadakan berbagai acara lomba. Diantaranya, lomba desain kartu ucapan, lomba hasta karya, lomba artikel persentasi, lomba PBB, demo memasak, jelajah dalam dan jelajah luar. Selain itu, diadakan juga acara pentas seni. Ada berbagi acara pentas seni yaitu fashion show baju adat, musikalisasi puisi, drama, dan menyanyi. Setiap sangga diwajibkan mengikuti seluruh lomba  dengan jadawal yang telah ditentukan untuk masing-masing sangga.

 

Untuk upacara pembukaan dilaksanakan pada pukul 14.30-15.00 WIB. Upacara tersebut berlangsung di lapangan atas yang terdapat menara pisang. Upacara pembukaan dipimpin oleh Kakak Budi Santosa, selaku Kepala SMA Negeri 1 Juwana. Kegiatan selanjutnya adalah lomaba PBB atau lomba baris-berbaris dan lomba artikel persentasi. Sedangkan lomba desain kartu ucapan dan lomba hasta karya dilaksanakan sebelum upacara pembukaan, sekitar pukul 13.00-14.00 WIB. Berikutnya diberikan waktu lagi untuk isoma sampai jam 19.15 WIB. Setelah isoma, diisi dengan kegiatan acara pentas seni dari pukul 19.15 – 23.00 WIB. Karena cuaca yang mendukung, semua kegiatan pada hari pertama berjalan lancar dan baik.

 

Hari berikutnya, tanggal 17 Desember 2014, lebih banyak lagi kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan pertama setelah shalat Subuh dimulai dengan olahraga ceria. Setiap peserta diwajibkan memakai pakain olahraga lengkap dengan atribut yang harus dibawa. Tampak wajah dari para siswa bersemangat, walaupun semalam hujan turun. Kemudian apel pagi, pada pukul 08.00-12.00 WIB kegiatan jelajah luar dan dalam dimulai. Setelah itu, diteruskan dengan kegiatan pramuka ceria pada pukul 15.00-15.30, setelah selesai isoma.

 

Namun, karena tiba-tiba turun hujan yang deras pelaksanaan upacara api unggun ditunda. Sehingga acara pentas seni juga ditiadakan. Pada malam kedua ini, hujan turun sangat deras disertai dengan kilat dan suara guntur. Hal ini menyebabkan banyak tenda siswa yang bocor  dan barang-barang mereka menjadi basah karena tidak dilapisi terpal atau plastik. Oleh karena itu, beberapa sangga putri harus diungsikan ke vila, tempat para bantara. Dan pada akhirnya, semua peserta terutama putrid dipindahkan demi keamanan. Mereka juga harus berdesakan di dalam vila karena banyaknya sangga putri yang dipindahkan.

 

Keesokan harinya, tanggal 18 Desember 2014, upacara api unggun akhirnya dilaksanakan sekitar pukul 03.00 WIB. Banyak dari peserta yang masih terlihat mengantuk karena kelelahan setelah seharian mengikuti kegiatan dan tidak bisa tidur nyenyak karena hujan deras yang membuat suasana ketakutan. Walaupun begitu, semua peserta tetap hikmat mengikutinya.

 

Pada pukul 08.00 WIB, setiap peserta telah bersiap-siap untuk upacara penutupan. Upacara penutupan berjalan lancar dan tertib. Selesai upacara, setiap sangga harus membereskan tenda dan membersihkan lingkungan sekitar tenda mereka agar tetap bersih. Tidak lupa, mereka juga berfoto untuk kenang-kenangan dengan ditemani udara yang sejuk dari pegunungan.

 

Sekitar pukul 11.00 WIB, para peserta akhirnya sampai di SMA Negeri 1 Juwana. Para peserta terlihat sangat kelelahan, namun di balik itu semua tersimpan pengalaman yang tidak terlupakan dan mengesankan.

Disini :